Oleh: rrshizuka | 11/10/2010

Entrepreneurship bagi Mahasiswa: Bagaimana Kiat Menumbuhkan?

Entrepreneurship (kewirausahaan) adalah seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan, memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi. Definisi lainnya adalah seseorang yang ingin bekerja untuk dirinya sendiri. Pada masa sekarang banyak diterapkan dimana-mana. Tak jarang pula anak muda mengikuti berbagai macam les, pelatihan, seminar atau talk show mengenai entrepreneurship. Karena entrepreneurship memang memiliki berbagai manfaat dan keuntungan yang sangat besar bagi orang yang melaksanakannya. Ketika seorang entrepreneurship (entrepeneur) mendapatkan kesuksesan dalam bisnisnya maka cepatlah mereka menjadi seorang yang kaya raya, tentunya setelah ia telah lolos dalam menghadapi berbagai macam cobaan dan rintangan yang berat yang menghadang langkahnya dalam berwirausaha.

Dalam entrepreneurship semua orang dapat berwirausaha. Entrepreneurship tidak memandang pendidikan, status maupun jenis kelamin. Berbagai macam orang dapat berkecimbung di dalamnya. Banyak sekali orang sukses entrepreneurship yang tidak lulus sekolah dan yang berasal dari kalangan menengah ke bawah. Yang dibutuhkan dalam memulai usaha itu memang sungguh luar biasa sulit. Tidak hanya diperlukan modal, tetapi juga tekad, keterampilan, pengetahuan, naluri dan ketekunan, tak lupa berdoa agar kita tetep berpegang teguh. Sebagai mahasiswa kreatif yang ingin berwirausaha pasti memiliki semuanya. Tinggal bagaimana menumbuhkan jiwa entrepreneurship itu.

Bagaimana kiat menumbuhkan entrepreneurship?

1. Niat

Pertama kali yang kita lakukan sebelum memulainya adalah niat. Segala sesuatu tanpa niat akan tidak jalan. Kita dalam menjalankan entrepreneurship harus niat terlebih dahulu. Niat menumbuhkan di dalam hati bahwa benar-benar ingin menjalankan entrepreneurship. Serta yakin bahwa kita BISA!!!

2. Memiliki visi

Mendapatkan masalah dalam perjalanan berwirausaha haruslah memiliki penyeimbang dan penyemangat. Apalagi kalau bukan visi yang kuat untuk membangun semangat agar lebih optimis dalam menghadapi berbagai masalah. Maka dibutuhkan visi yang tepat dan benar dalam berwirausaha.

3. Brani ambil resiko dan jangan takut gagal

Ketika kita baru saja memulai berwirausaha harus terus banyak-banyak mencoba dan pantang menyerah, itulah kunci dari entrepreneurship. Kita harus brani mengambil resiko dan jangan takut gagal. Kita akan sukses dan berhasil ketika kita telah lolos dalam sebuah resiko yang kita hadapi.

4. Pintar memanage

Pintar-pintarlah memanage waktu, tempat dan keuangan atau modal. Seorang entrepreneurship adalah seorang yang bekerja untuk dirinya. Maka segala sesuatu dia atur sendiri. Merancang berbagai keperluan dan perlengkapan, membuat berbagai macam kegiatan dan melaksanakan entrepreneurship adalah dirinya sendiri. Maka dari itu, aturlah waktu, waktu ketika kita dalam berwirausaha. Dan jangan lupa, aturlah pula waktu untuk keluarga dan lingkungan. Aturlah tempat, tempat dimana kita berwirausaha. Dan aturlah keuangan, belanjakanlah keperluan seperlunya. Jangan buang-buang atau boros uang kita.

5. Ulet, gigih dan teliti

Jangan lupa dengan sikap kita. Haruslah kita ulet, gigih dan teliti dalam berwirausaha. Agar kita mendapatkan apa yang kita cita-citakan dan kita impikan

6. Jangan malu bertanya

Kemauan terus belajar, belajar dan belajar. Jangan malu bertanya ketika kita tidak tau apa-apa. Dan banyaklah koneksi untuk menambah pengalaman ke orang-orang yang berpengalaman dan orang yang lebih dulu dari pada kita. Selain itu kita dapat bertanya bagaimana tips-tips agar kita sukses. Ada peribahasa bahwa, malu bertanya sesat di jalan.

7. Berdoa

Berdoa…… Berdoalah sebelum kita bertindak, sebelum kita melakuan sesuatu agar kita dapat diberikan kemudahan. Berdoa itu penting. Segala sesuatu, beribu-ribu kita telah usaha sekuat tenaga, tanpa kita berdoa dan tanpa campur tangan Tuhan pastilah tidak ada artinya. Kita takkan bisa berhasil tanpa campur tangan Tuhan.

Demikianlah kiat menumbuhkan entrepreneurship bagi mahasiswa yang baru memulai. Semoga bermanfaat…

From: my kompasiana www.kompasiana.com/rarashizuka

Iklan

Responses

  1. seebh seebh

  2. wah… yang nomer 3 yang sulit dilakuin… Butuh keberanian.

    • kalau ada kemauan yang kuat, pasti ada jalan ko.. ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: